"Selamat Datang" Silahkan Cari Yang Anda Butuhkan dan Jangan Lupa Meninggalkan Email Anda Atau Akun Lainnya

Rabu, 29 Juni 2011

Sejarah Politeknik Negeri Sriwijaya

         Politeknik Negeri Sriwijaya, dahulunya bernama Politeknik Universitas Sriwijaya secara resmi dibuka pada tanggal 20 September 1982.  Pada fase pertama Politeknik hanya mempunyai 2 (dua) Jurusan yaitu Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Teknik Mesin  dengan daya tampung maksimum 576 orang mahasiswa dan dengan sarana pendidikan, staf pengajar dan kurikulum yang dirakit secara nasional dan terpusat di Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik PEDC Bandung.

       Pada fase kedua tahun 1987 Politeknik memperluas bidang keteknikan dan melahirkan bidang Tata Niaga. Bidang keteknikan yang dikembangkan adalah Jurusan Teknik Elektro, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi dan Teknik Kimia Industri sedangkan bidang tata Niaga terdiri atas Jurusan/Program studi Akuntansi Kesekretariatan telah dimulai tahun akademik 1986. Kemudian tahun1992 Jurusan Tata Niaga berkembang menjadi dua jurusan yaitu Jurusan Akuntansi dan Administrasi Niaga. Tenaga ahli bidang keteknikan adalah dari Swiss Contact sedangkan Tata Niaga dari Australia
Pada tahun 2002/2003 dikembangkan dua jurusan baru yaitu Teknik Komputer dan Manajemen Informatika, yang pendiriannya ditetapkan melalui surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.2800/D/T/2001. Pada tahun akademik 2002/2003 banyak pengembangan-pengembangan pendidikan yang dilaksanakan oleh     Politeknik    diantaranya   dengan   dibukanya program Diploma III.

        Teknik Listrik dan Teknik Mesin kerja sama dengan PT. Bukit Asam dan Program Diploma IV Perencanaan Jalan dan Jembatan berkerjasama dengan Departemen Kimpraswil. Pada tahun akademik 2004/2005, Politeknik Negeri Sriwijaya kembali mengembangkan Jurusan baru yaitu Jurusan Bahasa Inggris Program Studi Bahasa Inggris Bisnis Pariwisata dan Perhotelan  berdasarkan izin dari Dirjen Dikti No. 3818/D/T/2003.

        Didalam upaya meningkatkan mutu lulusan berbagai upaya telah dilaksanakan termasuk didalamnya Politeknik Negeri Sriwijaya telah berhasil mendapatkan Proyek Program TPSDP Batch I, II dan III serta Due like Batch II dan IV serta SP 4.
Politeknik Negeri Sriwijaya sampai dengan tahun akademik 2008/2009 memiliki dua belas program studi dengan jumlah mahasiswa sebanyak  3913 orang.

        Politeknik Negeri telah mempunyai Program Diploma IV Perancangan Jalan dan Jembatan yang telah dibuka sejak tahun 2002 dan pada tahun 2009 telah membuka Program Diploma IV baru pada jurusan Teknik Kimia dengan nama Program Studi Teknik Energi.
Politeknik Negeri Sriwijaya berkerjasama dengan Departemen Kimpraswil membuka kelas kerjasama Program Diploma III dan Diploma IV, Politeknik Negeri Sriwijaya bekerjasama dengan Pemrov Sumsel membuka kelas kerjasama Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Listrik Konsentrasi Pembangkit Tenaga Listrik.  Politeknik Negeri Sriwijaya juga bekerja sama dengan ConocoPhilips membuka kelas kerjasama pada Jurusan  Teknik Mesin dan Teknik Kimia.
Politeknik Negeri Sriwijaya sampai dengan tahun akademik 2010/2011 memiliki tiga belas program studi dengan jumlah mahasiswa sebanyak  4050 orang.

0 komentar:

Poskan Komentar

Baca Yang Lainnya dan Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda