"Selamat Datang" Silahkan Cari Yang Anda Butuhkan dan Jangan Lupa Meninggalkan Email Anda Atau Akun Lainnya

Sabtu, 09 Juli 2011

5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

Menjadi seorang blogger memang menyenangkan namun tidaklah mudah menjadi seorang Blogger yang berhasil. Berhasil dalam hal ini saya tujukan bagi para blogger yang tulisan-tulisannya selalu dinanti oleh pengunjung dan memberikan “sesuatu” yang didapatkan oleh siapapun yang membacanya. Namun bagi sebagian orang keberhasilan sebagai blogger dicapai jika mampu meraih sekian dollar dari blog yang dikelolanya. Namun kembali pada makna blog yang sebenarnya yakni menulis apa yang dipikirkan lalu dipublish secara online, maka dalam artikel ini keberhasilan yang saya maksud adalah yang saya sebutkan pertama.
Jangankan untuk menjadi blogger yang sukses, untuk membuat blog yang bernilai pada awalnya tidaklah segampang membalikkan telapak tangan. Para blogger yang sukses saat ini, pada awalnya juga pasti mengalami masa-masa sulit baik dalam mencari ide tulisan hingga mencari tahu bagaimana caranya menarik pengunjung. Setelah banyak blogger yang sukses, blogger-blogger pemula pun bermunculan. Istilah Newbie pun muncul menyusul maraknya para blogger-blogger baru di kancah dunia perbloggeran. Sayangnya banyak dari blogger-blogger newbie ini yang tidak mampu mengelola blog yang bisa memikat hati para pengunjung meski telah mempelajari banyak tutorial dari blog-blog yang terkenal. Menyikapi hal ini lewat artikel ini saya ingin berbagi tentang 5 Kesalahan yang Paling sering dilakukan Oleh seorang Newbie, dengan harapan agar siapapun yang membaca dapat menghindarkan diri dari kesalahan-kesalahan itu.

Berikut kesalahan-kesalahan tersebut :


1. Hanya Belajar Pada 1 “Guru”.
Banyak dari blogger pemula yang hanya mengenal 1 orang blogger terkenal saja sehingga hanya menantikan artikel-artikel di blog yang dianggapnya Guru itu. Meskipun mendapat artikel tutorial dari blog lain, namun banyak yang tidak mengindahkannya karena hanya menganggap bahwa semua keberhasilan hanya oleh tutorial yang diberikan oleh sang Guru tersebut. Padahal pada kenyataannya, di dunia blogger khususnya Indonesia sudah banyak kok yang berhasil dan tidak sedikit dari mereka berbagi lewat blognya. Semakin banyak referensi yang kita dapatkan dari blogger-blogger yang berhasil maka akan semakin kaya wawasan kita, jika pun ada perbedaan isi tutorial antara yang satu dan yang lain jadikanlah itu sesuatu untuk dibuktikan secara langsung, bukan menjadi hal yang justru “membingungkan” sehingga membuat langkah menjadi terhenti di satu titik akibat perbedaan pendapat antara para “Guru”.

2. Hanya Belajar Tanpa Praktek.
Banyak para blogger yang hobbynya nongkrong di sebuah blog tutorial, dan berlomba-lomba menjadi “pertamax” untuk meramaikan blog tersebut. Padahal belum tentu apa yang disajikan pun mereka pahami dan lakukan. Kesalahan ini justru banyak terjadi akibat hanya bergantung pada 1 tutorial blog semata seperti yang saya sebutkan di poin sebelumnya. Sebuah blog tutorial tentunya tidak secara terus menerus mengangkat artikel secara utuh dan terang-terangan. Tugas kita adalah mempelajari artikel tersebut lalu mempraktekannya, jika ada yang tidak kita pahami baru deh kita lemparkan ke dalam forum atau komentar di artikel blog tersebut.

3. Menyerah Sebelum Mencoba.
Banyak blogger pemula yang jika menemukan sebuah permasalahan ngeblog memilih menyerah sebelum benar-benar mencari jalan keluar. Padahal seperti pada awal lahirnya blog, komunitas adalah hal yang penting yang salah satunya menjadi tempat bertanya jika menemukan suatu masalah. Namun yang terjadi saat ini banyak yang tidak memanfaatkan hal itu. Ketika buntu pada sauatu permasalahan, seorang blogger Newbie lebih memilih untuk membiarkan masalah tersebut daripada bertanya ataupun mencari informasi di blog-blog yang telah berhasil.

4. Terlalu Cepat Mengagumi.
Banyak dari antara Blogger Pemula terlalu cepat kagum dan tergoda akan apa yang ditulis di sebuah blog terkenal. Padahal tidak semua yang ditulis dan ditampilkan di blog-blog terkenal itu benar adanya dan jika pun benar tidak semua dicapai dalam waktu singkat. Hal-hal seperti ini banyak dimanfaatkan oleh para “blogger” senior untuk menawarkan produknya maupun untuk menjaga kesetiaan para pengunjungnya. Saya ambil contoh misalnya sebuah blog terkenal yang menampilkan artikel berisikan screenshot penghasilannya tanpa menyebutkan berapa lama dan lewat berapa blog dia menghasilkan sebanyak itu . Ada juga kasus lain yakni sebuah blog terkenal memasang widget statistik yang menunjukkan pengunjung ribuan perharinya. Banyak blogger yang masih pemula langsung cepat mengagumi dan menganggap bahwa pemilik blog itu hebat dan tetap setia mengunjungi blog itu dan bahkan rela memberikan link di blogroll walaupun tidak dibalas oleh “sang idola”. Padahal pada kenyataannya dari yang saya telusuri banyak kejanggalan dari widget statistik tersebut sehingga saya menyimpulkan bahwa itu adalah statistik palsu yang digunakan untuk menarik pengunjung. Dan ini memang terbukti karena selama ini artikel yang diangkat di blog itu hanyalah artikel yang sama sekali tidak berisi dan bahkan sebagian merupakan hasil COPAS dari blog lain atau hasil nyolong ide dari blogger lain. Inilah kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh blogger pemula, dengan cepat mengagumi tanpa menelusuri lebih lanjut yang mengakibatkan waktu yang seharusnya bisa kita gunakan untuk mencari ilmu lain justru tersita hanya untuk menunggu rahasia yang sama sekali tidak ada.

5. Malas dan Mencari Jalan Pintas.
Hal ini merupakan hal yang paling fatal yang banyak dilakukan oleh para blogger pemula. Adanya rasa malas mencari informasi dan hanya berharap tutorial dan penjelasan dari mereka para “guru”. Seperti misalnya yang pernah saya alami dengan beberapa orang yang chat dan email-emailan dengan saya. Mereka justru menanyakan sesuatu yang pernah saya angkat di blog saya. Masih untung ada yang melakukan ketika saya menyarankan untuk menggunakan fasilitas search yang ada di blog saya. Namun tidak sedikit yang justru ngambek dan mengatakan saya belagu. Kasus lain yang terjadi adalah seringnya status sebagai newbie dijadikan alasan untuk “membenarkan” aktifitas COPAS yang dilakukan. Padahal jika memang malas menulis dan malas mencari ide dan informasi ya mending ga usah jadi blogger aja.
Saya pribadi justru sangat senang dan menghargai jika ada seseorang yang melayangkan pertanyaan sehubungan dengan sebuah artikel yang saya angkat ataupun menanyakan sebuah masalah yang saat ini sedang marak di dunia blogosphere. Daripada hanya sekedar meminta agar diajarkan sesuatu yang sebenarnya telah berpuluh-puluh artikel saya sediakan di blog yang saya kelola.
Akhir kata apapun status kita baik yang sudah pro maupun yang masih pemula, hendaknya kita memang harus memiliki niat dan semangat untuk maju. Dan yang paling penting adalah tidak melupakan Makna blog yang sebenarnya yaitu menulis apa yang dipikirkan dan mengangkatnya sebagai sebuah tema untuk didiskusikan bersama para blogger lain.


Sumber : http://ariwolu.com/5-kesalahan-yang-sering-dilakukan-blogger-pemula.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Baca Yang Lainnya dan Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda