"Selamat Datang" Silahkan Cari Yang Anda Butuhkan dan Jangan Lupa Meninggalkan Email Anda Atau Akun Lainnya

Senin, 11 Juli 2011

7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Sehabis Makan


Makan adalah ritual penting yang harus untuk kesehatan dan kekuatan tubuh. Karenanya agar nutrisi di makanan terserap dengan baik, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan.

Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh memiliki peran yang penting terutama agar setiap organ yang ada di dalam tubuh bisa berfungsi dengan baik dan optimal. Untuk itu perhatikan hal-hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan, seperti dikutip dari Healthmad, Selasa (5/7/2011) yaitu:

1. Merokok
     Berdasarkan sebuah penelitian diketahui bahwa merokok setelah makan bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker. Hal ini karena asap yang ditimbulkan dari 1 batang rokok setara dengan asap 10 batang rokok.

2. Mengonsumsi buah
     Tradisi yang ada menyarankan seseorang untuk makan buah setelah makan sebagai hidangan penutup. Tapi makan buah setelah makan bisa membuat perut penuh dengan udara sehingga menjadi kembung. Untuk itu sebaiknya makan buah 1-2 jam setelah makan.

3. Minum teh
     Minum teh setelah makan bisa membuat protein yang terkandung di dalam makanan menjadi sulit untuk dicerna. Zat-zat yang sulit dicerna ini bisa mencapai 80 persen.

4. Mandi
Ternyata mandi setelah makan bisa membuat aliran darah ke tangan, kaki, tubuh dan perut menjadi berkurang. Kondisi ini akan mengakibatkan gangguan pencernaan yang bisa memicu rasa tidaknyaman.


5. Berjalan
Berjalan setelah selesai makan bisa membuat tubuh tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan dengan baik.


6. Tidur
Tidur setelah makan bisa membuat saluran pencernaan menjadi kembung, usus mengalami peradangan dan memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

7. Minum air dingin
Mengonsumsi air dingin saat atau setelah makan bisa membuat makanan terutama yang mengandung minyak atau lemak jadi membeku, sehingga akan terakumulasi di dalam usus yang menyebabkan penyempitan saluran pencernaan dan obesitas.


Sumber : http://www.klikunic.com/2011/07/jangan-langsung-melakukan-ini-sehabis.html#ixzz1RohgO74q

0 komentar:

Posting Komentar

Baca Yang Lainnya dan Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda