"Selamat Datang" Silahkan Cari Yang Anda Butuhkan dan Jangan Lupa Meninggalkan Email Anda Atau Akun Lainnya

Rabu, 13 Juli 2011

Trik Supaya Ponsel Susah Untuk Dilacak

Kecanggihan ponsel membuat seseorang menjadi mudah ditemukan. Lalu bagaimana cara menyembunyikan agar pemilik ponsel tak mudah dilacak? Beberapa korban kejahatan yang ingin melarikan diri dari pasangan jahat meminta bantuan Frank Ahearn. Ahli privasi ini menjadi tempat konsultasi untuk bersembunyi selama sembilan tahun terakhir.

Ahearn memberikan saran bagi para wanita yang ingin melarikan diri dari perjodohan atau penguntit dengan gratis. Ia menyebutnya sebagai program perlindungan saksi Ahearn. Sementara bagi pebisnis yang ingin melarikan diri dari rutinitas, harus membayar US$12 ribu (Rp109 juta) hingga US$25 ribu (Rp227 juta).

Hingga 99% dari 500 hingga 1.000 orang yang mengunjungi situsnya setiap hari telah mengetik kata kunci bagaimana cara menghilang di situs Google atau mesin pencari lainnya. Dengan perkembangan ponsel dan smartphone, Ahearn menyebut masyarakat tidak harus pergi ke suatu tempat jauh untuk bersembunyi.

"Ponsel merupakan benda yang menakjubkan. Anda bisa memanfaatkannya untuk kepentingan yang baik," kata Ahearn saat berada di New York. Ahearn punya beberapa trik untuk menyembunyikan diri.

Ia menyarankan untuk menggunakan operator prabayar, karena ini lebih sulit untuk dilacak. Banyak ponsel dan smartphone yang memiliki chip GPS sehingga dapat disadap orang lain dan para hacker cerdas pun dapat mengetahui lokasi seseorang.

Oleh karena itu, ia menyarankan memilih beberapa telepon yang dijual di luar negeri yang tidak memiliki chip. Atau, menurut Ahean, ada beberapa toko yang bisa menghapus chip itu. Smartphone tertentu juga memiliki layanan pemetaan yang secara otomatis dapat diketahui koordinatnya. Layanan canggih ini, malah menghambat rencana bersembunyi.

Cara lain adalah meninggalkan ponsel di rumah atau mengalihkan panggilan ke nomor tertentu. Ini akan membantu agar sulit dilacak oleh orang yang menghubungi. "Bagian terbaik dari ini adalah Anda bisa memiliki nomor yang berbeda," ujar Ahearn. Orang disarankan memiliki satu nomor kontak untuk komunikasi kerja, pasangan, perusahaan kartu kredit dan menciptakan nomor kedua.

Ponsel juga bisa memudahkan menemukan seseorang yang tidak tahu trik bersembunyi. Apalagi saat ini ada jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan Foursquare yang memudahkan seseorang diketahui lokasinya. "Teknologi sama seperti pedang bermata dua," kata Ahearn.

"Anda dapat memanfaatkan teknologi ini untuk menemukan informasi, baik dari akun jejaring sosial atau gudang data online yang memberikan pengarahan lokasi dengan mudah," tambahnya.

Akan tetapi, jejaring sosial menurutnya juga dapat digunakan oleh seseorang yang ingin bersembunyi. "Anda dapat menggunakan jejaring sosial dengan memberikan informasi yang salah," papar Ahearn. "Anda dapat menaruh gambar, menginformasikan atau malah pamer status di Utah. Padahal, sebenarnya Anda sedang di tempat lain."

Saran terakhir pria ini adalah tidak peduli seberapa enak restoran yang didatangi, sebaiknya berhati-hati untuk tidak 'check in' dari ponsel. Teman Foursquare tidak selalu ingin tahu apa yang dilalukan atau rekomendasikan orang lain dan bisa mencari sendiri.


Sumber : http://ngembatblogorang.blogspot.com/2010/10/trik-supaya-ponsel-susah-untuk-dilacak.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Baca Yang Lainnya dan Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda