"Selamat Datang" Silahkan Cari Yang Anda Butuhkan dan Jangan Lupa Meninggalkan Email Anda Atau Akun Lainnya

Kamis, 14 Juli 2011

Makalah Kimia Farmasi Masalah Vitamin B6

BAB 1
PENGERTIAN VITAMIN B6



A.       Definisi
     Vitamin B6, atau dikenal juga dengan istilah piridoksin, merupakan vitamin yang esensial bagi pertumbuhan tubuh. Vitamin ini berperan sebagai salah satu senyawa koenzim A yang digunakan tubuh untuk menghasilkan energi melalui jalur sintesis asam lemak, seperti spingolipid dan fosfolipid. Selain itu, vitamin ini juga berperan dalam metabolisme nutrisi dan memproduksi antibodi sebagai mekanisme pertahanan tubuh terhadap antigen atau senyawa asing yang berbahaya bagi tubuh.

      Vitamin ini merupakan salah satu jenis vitamin yang mudah didapatkan karena vitamin ini banyak terdapat di dalam beras, jagung, kacang-kacangan, daging, dan ikan. Kekurangan vitamin dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kulit pecah-pecah, keram otot, dan insomnia.
    Vitamin B6 atau sering pula disebut dengan pyridoxine merupakan golongan vitamin yang paling beken diantara keluarga besar vitamin B. Vitamin B6 bersama sama dengan niasin, asam folat dan kobalamin berperanan dalam membantu menggerakan beberapa fungsi vital dari tubuh manusia. Meskipun kebutuhan terhadap vitamin ini sangat kecil namun manfaat yang diperoleh sangatlah besar.
   Setiap hari kita hanya butuh mengkonsumsi vitamin B6 sebanyak 0,2 mg guna membantu tubuh memproduksi sekitar 60 jenis enzim penting. Vitamin ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena akan membuatnya menjadi racun bagi tubuh.

Vitamin B6 (Pyridoxine)

      Vitamin B6, atau pyridoxine adalah salah satu air larut B-vitamin.. Dengan mengganti-CH 2 gugus OH pada posisi 4 dari molekul pyridoxine dengan-CH 2 NH 2 dan masing-CHO, dua senyawa yang terkait, pyridoxamine dan pyridoxal dapat dibentuk yang juga vitamin aktif.
Nama kimia lengkap pyridoxine adalah 2-metil-3-hydroxy-4 ,5-bis (hidroksi-metil) piridin!
Mau selengkapnya?
Silahkan download dibawah ini.





Silahkan juga yang satu ini





0 komentar:

Poskan Komentar

Baca Yang Lainnya dan Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda