"Selamat Datang" Silahkan Cari Yang Anda Butuhkan dan Jangan Lupa Meninggalkan Email Anda Atau Akun Lainnya

Senin, 11 Juli 2011

Cara Menaikkan SERP dengan Link

    SERP merupakan kependekan dari Search Engine Result Page. Coba sekarang buka situs search engine google yang beralamat di http://www.google.co.id. Kemudian ketik dalam form pencarian dengan keyword "optimasi blog", next "enter". Kamu akan melihat sederetan daftar pencarian secara defaulnya akan memunculkan 10 alamat web dalam satu halaman. Uraian di atas adalah sebagai deskripsi tentang apa yang dinamakan SERP. Sedangkan link adalah kata atau serangkaian kata (kalimat) yang jika diklik akan menuju suatu alamat web tertentu. Jadi apa hubungannya antara SERP dengan Link?

Salah satu cara agar blog kamu masuk dalam daftar SERP adalah dengan membangun link. Tapi kalau linknya sembarangan, sudah barang tentu tidak akan berpengaruh dalam SERP. Berikut trik agar link blog kamu mendapat lirikan dari search engine :

Inbound Link. Yakni mengundang minat website/blog lain untuk me-link ke posting/konten blog kamu. Semakin banyak inbound link, maka semakin bagus pula blog kamu di SERP google. Dengan kata lain posting blog kamu laku di pasaran. Disamping itu, apabila blog kamu mendapat link dari sebuah blog yang banyak di link oleh blog lain, maka akan lebih berpengaruh di posisi SERP ketimbang di link oleh blog yang lebih sedikit inbound link-nya. Namun perlu diingat, jangan pernah mengabaikan blog-blog yang mempunyai inbound link sedikit.

Link Berkualitas. Search engine google lebih mengutamakan link yang berkualitas dibandingkan dengan kuantitas. Loh, katanya semakin banyak yang nge-link ke blog kita, SERP semakin bagus? Maksudnya begini, google lebih mengutamakan satu link yang mempunyai kesamaan topik/tema dengan blog kita, daripada satu link namun berbeda topik/tema.
Contoh:
  • blog kamu bertema tips seo, kemudian di link oleh blog lain yang bertema belajar seo.
  • blog kamu bertema tips seo, kemudian di link oleh blog lain yang bertema olah raga.
Dari kedua contoh di atas, menurut kamu mana yang lebih berkualitas...???

Link Building. Terkadang apabila blog kamu telah memiliki posisi top SERP, tidak jarang malas untuk membangun link kembali. Padahal semakin top blog kamu di SERP google, seharusnya semakin gencar usaha untuk membangun satu atau lebih link. Hal tersebut dimaksudkan agar blog kamu tetap berada di posisi teratas SERP. Jadi link building merupakan proyek link yang kontinue dan berkelanjutan.

Hindari paid link. Why...why...??? Uang...uangku sendiri. Blog...blogku sendiri. Ngapain susah...susah. Wah, yang kaya ini..ni disebut mau seenaknya sendiri. Paid link merupakan link-link yang memiliki pagerank (PR) tinggi, tapi fungsinya untuk diperjualbelikan/sewa. Jadi apabila blog kamu pengen nyantol di link mereka, terlebih dulu kamu harus membayarnya. Selanjutnya mengapa perlu dihindari? karena jika blog kamu ketahuan melakukan hal tersebut di atas oleh google, maka bersiap-siaplah untuk mendapatkan pinalti penurunan posisi di SERP.


Sumber : http://optimasi-blog.blogspot.com/2009/05/tips-menaikkan-serp-dengan-link.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Baca Yang Lainnya dan Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda